KPI (Key Performance Indicator)
Definisi KPI
Key Performance Indicators, adalah indikator yang digunakan untuk mengukur hasil progres kerja dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan. Menentukan ukuran kinerja harus searang dengan visi, misi, tujuan dan sasaran dari perusahaan.
Bagi Management
KPI adalah alat yang digunakan manager sebagai penentu bagaimana pencapaian dibandingkan target yang akan dicapai dan berhubungan dengan perencanaan, motivasi.” Nampak disini bahwa KPI hanyalah sebuah alat ukur tercapai tidaknya suatu target yang telah disepakati bersama antara management dengan teamnya.
Bagi karyawan/staff akan melihat KPI sebagai
“suatu alat yang digunakan karyawan untuk menentukan aktifitas kerjanya telah memenuhi parameter yang disetujui atau belum”.
Mengapa KPI Penting?
Saat ini KPI’s menjadi satu hal yang sangat penting untuk perusahaan agar kinerjanya dapat diketahui dengan ukuran yang telah disepakati. Sehingga bisa dilihat apakah personil atau SDM atau tim yang ada dalam perusahaan tersebut berprestasi atau tidak, mendukung atau tidak dengan visi, misi, tujuan dan sasaran dari perusahaan. Dengan ukuran tersebut diharapkan menilai tim, SDM atau organisasi lebih objektif.
Bagi seorang konsumen
Melihat KPI dalam bentuk bagian penting dari suatu hubungan dengan konsumen. Konsumen akan menyatakan apakah kita telah dapat memenuhi sesuatu yang kita janjikan dengan yang kita lakukan.
Bagaimana Peran KPI Pada Industri?
Setiap perusahaan yang ingin mengetahui performa dan kinerja karyawannya, wajib melakukan penilaian. Hal ini dilakukan demi mendongkrak kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik lagi. Penilaian ini biasa disebut KPI atau Key Performance Indicator yang mana digunakan sebagai acuan dalam mengukur setiap kinerja karyawan dan perusahaan secara jelas dan berkala.
Dengan adanya KPI, perusahaan juga dapat menentukan, merencanakan, dan memutuskan seperti apa strategi serta langkah yang diambil perusahaan ke depannya.
Setiap perusahaan harus memperhatikan 3 hal penting dalam menentukan KPI untuk digunakan di perusahaan terkait. Berikut 3 hal yang dapat diterapkan:
- Target, digunakan sebagai tujuan utama dari penentuan indikator yang sesuai dengan perusahaan.
- Leading Indicator, digunakan untuk mengetahui gambaran dan kemungkinan hasil ke depannya.
- Lagging Indicator, digunakan untuk mengetahui progres atau berjalannya target.
Sumber :
https://supplychainindonesia.com/desain-kpi-warehouse/
No comments:
Post a Comment